"WELCOME"

~An angel not always look like an angel~

9 Nov 2011

Insomnia


INSOMNIA

Kesulitan tidur atau disebut insomnia kadang mengganggu jika kita esok harinya harus bangun pagi-pagi dan melakukan tugas, aktifitas dan pekerjaan kita. Namun juga tak jarang, kita malah ingin untuk tetap terjaga di malam hari walau pagi harinya kita harus melakukan kegiatan kita seperti biasa, padahal bila tanpa tidur kita dapat jatuh secara fisik dan mental. Kekurangan tidur dapat menyebabkan gangguan mood, emosi, konsentrasi, dan menimbulkan rasa malas.
Kebutuhan tidur orang dewasa rata-rata adalah 8 jam perhari, dan seiring bertambahnya usia akan berkurang menjadi 7,5 jam perhari. Kita tahu bahwa ada makanan atau minuman tertentu yang dapat menganggu tidur kita. Salah satunya yang tentu sudah sangat kita kenal adalah kopi, yang sangat diandalkan untuk menjadi partner agar tetap terjaga di malam hari. Kafein di malam hari selain dari kopi juga dapat berasal dari cokelat, teh, soda, makanan kaleng atau siap saji yang mengandung kafein namun tidak kita sadari, periksalah labelnya sebelum menyantapnya. Nikotin juga menjadi musuh utama dalam usaha mendapatkan tidur yang baik. Nikotin dapat menjadi perangsang untuk tetap terjaga sepanjang malam. Makanan pedas dan asam juga dapat membuat usaha untuk tidur gagal karena perut terasa panas dan nyeri, terutama bagi yang memiliki riwayat penyakit maag. Saat kita merebahkan diri membuat rasa nyeri dan panas akan semakin bertambah hebat, hal ini akan membuat kita sangat sulit untuk tidur.
Selain makanan, tentunya gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari memegang peranan penting untuk mendapatkan tidur yang berkualitas pada malam hari. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan tidur yang baik dan nyenyak di malam hari :
  • Tidak pergi ke tempat tidur sampai sudah merasa lelah.
  • Aturlah jadwal tetap untuk bangun pagi hari, bahkan saat akhir pekan.
  • Usahakan tidak tidur saat siang hari.
  • Hindari kafein, alkohol, dan nikotin (rokok) pada malam hari.
  • Tidak menonton TV, makan atau membaca di tempat tidur.
  • Biasakan mengatur waktu tidur yang sama setiap malamnya.
  • Hindari aktifitas yang berat 3 jam sebelum waktu tidur.
  • Segera keluar dari tempat tidur bila tidak dapat tertidur.
 
       Sesekali gunakan waktu makan siang untuk beraktifitas, atau usahakan untuk banyak bergerak selama berada di kantor, sekolah atau tempat lain dimana kita menghabiskan waktu siang kita. Dan selain tips-tips di atas, olahraga secara teratur pada siang hari dapat sangat membantu usaha tidur kita. Olahraga pada siang hari dapat meningkatkan konsentrasi, menjaga berat badan, mengatur tekanan darah dan kolesterol kita agar terjaga baik serta menghilangkan stress.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management